Pengertian Cloud Computing Dan Cara Kerjanya

Untuk memahami mengenai pengertian cloud computing, maka bisa dianalogikan dengan anda sebagai seorang eksekutif yang memimpin sebuah perusahaan yang sangat besar.

Anda memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa semua karyawan memiliki dan menggunakan hardware dan software yang sesuai dengan kebutuhan mereka untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Satu hal yang pasti, dengan memberikan fasilitas komputer saja tidak akan cukup. Anda juga harus memfasilitasi dengan membeli software yang berlisensi, dengan tujuan memberikan mereka berbagai tools yang diperlukan.
cloud computing
Kemudian, setiap saat ada penerimaan karyawan baru, anda juga perlu membeli perangkat lunak atau memastikan bahwa perangkat lunak berlisensi tersebut dapat digunakan oleh orang lain.

Maka bisa dipastikan, anda bisa stress karena akan menemukan kesulitan dengan mengatur distribusi software dan juga mengenai masalah biaya untuk pembelian yang cukup merepotkan.

Cloud Computing Mengubah Industri Komputer

Oleh karena hal ini, maka ada alternatif lain yang sangat bagus.

Alternatif ini bekerja dengan cara me-load satu aplikasi dibandingkan dengan harus menginstal software pada setiap komputer yang bila dipikir-pikir menjadi pekerjaan yang tidak efektif dan efisien.

Hal yang mengagumkan adalah aplikasi ini akan mengizinkan para karyawan untuk log-in pada layanan berbasis web yang berfungsi sebagai host dari setiap program yang diperlukan user untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Mesin remote yang dimiliki oleh perusahaan lain akan menjalankan segala sesuatunya dari email sampai pemrosesan kata kemudian menuju pada program data analisis yang kompleks.

Teknologi ini di sebut dengan cloud computing dan mampu untuk mengubah keseluruhan trend pada industri komputer.

sistem cloud computing
Tipikal sistem cloud computing

Pada sistem cloud computing, terdapat pembagian tugas yang sangat nyata.

Dalam artian bahwa komputer lokal tidak lagi akan mengerjakan tugas-tugas yang berat, ketika menjalankan aplikasi karena jaringan komputer akan menugaskan cloud computing untuk menanganinya.

Keuntungan dari penggunaan sistem ini adalah berkurangnya secara drastis penggunaaan hardware dan software dari sisi user, karena untuk menjalankan cloud computing ini, user hanya perlu menjalankan software interface-nya saja.

Software interface ini bisa sesimpel web browser, dan jaringan cloud yang akan mengambil alih tugas yang lainnya tentunya.

Apakah sebenarnya anda pernah menggunakan cloud computing?

Sebenarnya ketika anda menggunakan layanan email dengan akun anda melalu layanan berbasis web seperti GMail, YMail ataupun Hotmail, maka anda telah memiliki beberapa pengalaman dengan cloud computing.

Karena daripada harus selalu online melalui komputer anda untuk mengakses email, anda depat dengan mudah mengakses email tersebut melalui perangkat apa saja yang mendukung.

Terus bagaimana dengan softwarenya atau penyimpanan datanya? Ya, seperti anda tahu, software dan data email tidak tersimpan pada komputer anda, melainkan tersimpan pada  layanan komputer cloud.

0 komentar:

Posting Komentar